pinjaman bank BRI

Pinjaman Bank BRI

Bank BRI adalah salah satu bank pemerintah yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu alasan kenapa banyak masyarakat menjadi nasabah bank ini adalah pilihan produk pinjaman Bank BRI yang sangat beragam.

Di antara banyak produk pinjaman Bank Rakyat Indonesia perlu dipertimbangkan mana produk yang paling tepat untuk dipilih. Sehingga nantinya ditentukan sweet point antara tenor, bunga dan angsuran.

Kali ini Navistha akan membahas berbagai macam pinjaman di Bank Rakyat Indonesia. Silakan dipilih pinjaman Bank BRI yang paling tepat untukmu.

pinjaman bank BRI

Pinjaman Bank BRI

Produk pinjaman yang ditawarkan oleh Bank BRI diperuntukkan bagi pemilik UMKM, pengusaha, dan individu. Dengan demikian, dana pinjaman tersebut bisa digunakan untuk modal usaha, investasi, dan kebutuhan konsumtif. Berikut beberapa produk pinjaman Bank BRI yang dapat dipilih:

1. KPR BRI dan KPR Subsidi BRI

Cara pinjam uang di Bank BRI untuk beli rumah dapat dilakukan melalui KPR BRI atau KPR Subsidi BRI. Jenis pinjaman yang pertama ini, memungkinkan untuk bebas memilih property yang akan kamu beli, baik baru maupun bekas, dengan tenor maksimal 20 tahun.

Syarat untuk mengajukan KPR BRI adalah membayar uang muka minimal 10%, melengkapi fotokopi berbagai identitas diri, usia minimal 21 tahun, membuka rekening Britama, dan memiliki gaji tetap di atas 4 juta rupiah. Cara pinjam uang di Bank BRI untuk beli rumah yang kedua melalui KPRS BRI.

KPR Subsidi BRI dikhususkan untuk nasabah berpendapatan rendah, atau di bawah 4 juta rupiah. Bunga KPRS ini juga lebih ringan dari bunga KPR biasa, yaitu 5% per tahun dan tenor 20 tahun. Namun, rumah yang bisa dibeli dengan pinjaman ini hanya rumah siap huni yang dijual oleh rekanan BRI.

2. Briguna Karya

Melalui Briguna Karya, kamu bisa memperoleh dana pinjaman tanpa jaminan. Produk pinjaman ini diperuntukkan bagi karyawan atau pegawai berpenghasilan tetap. Kamu dapat memperoleh dana pinjaman berjumlah besar, dengan tenor hingga 15 tahun jika mengajukan Briguna Karya.

Namun, tentunya kamu harus memenuhi persyaratannya. Syarat pinjaman Bank BRI tanpa jaminan ini hanya menyerahkan fotokopi identitas diri, slip gaji, buku rekening tabungan, SK pengangkatan, surat rekomendasi dari atasan, dan pas foto.

3. Briguna Purna

Seperti namanya, pinjaman Bank BRI yang satu ini diperuntukkan bagi para pensiunan. Limit pinjaman yang diperoleh sangat tinggi dan jangka waktu maksimalnya adalah 15 tahun. Namun, tidak semua pensiunan dapat mengajukan pinjaman ini.

Pinjaman ini hanya terbuka bagi mereka yang usia maksimalnya adalah 75 tahun saat jatuh tempo. Syarat pinjaman Bank BRI tanpa jaminan yang perlu dipenuhi adalah menyerahkan fotokopi beberapa identitas diri, SK pensiun, daftar pembayaran pensiun, dan SK pengangkatan pegawai.

4. Briguna Pendidikan

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3, kamu dapat mengajukan pinjaman Briguna Pendidikan untuk biaya studi. Batas kredit tersebut adalah sebesar UKT dan kurang dari 250 juta rupiah. Tenor maksimal untuk S2 adalah 6 tahun dan untuk S3 adalah 10 tahun.

5. Briguna Umum

Kredit tanpa agunan ini diperuntukkan bagi masyarakat umum. Sistem pelunasan kredit diambil dari gaji tetap debitur saat ia masih menjadi karyawan hingga ia pensiun. Syarat mengajukan pinjaman ke Bank BRI ini hampir sama seperti syarat Briguna Karya dan Briguna Purna.

Ketentuan dan keunggulannya juga sama dengan pinjaman Briguna lainnya. Contohnya, sudah dilengkapi asuransi jiwa, tenor maksimal 15 tahun, limit pinjaman tak terbatas, dan angsuran tetap.

6. KKB BRI Refinancing

Produk pinjaman ini termasuk kredit multiguna, dimana nasabah memperoleh dana pinjaman dengan cara menjaminkan BPKB motor atau mobil mereka. Jangka waktu maksimal dari pinjaman ini adalah 4 tahun dan bunganya ringan.

Selain mengisi formulir pengajuan kredit, menyerahkan fotokopi identitas, dan slip gaji, kamu juga perlu menyerahkan BPKB dan melampirkan salinan STNK mobil sebagai syarat mengajukan pinjaman ke Bank BRI. Bank ini hanya menerima gadai BPKB mobil dan motor baru yang pajaknya tidak mati.

7. KKB Mobil Bekas dan Baru

Jika kamu kekurangan dana dalam membeli mobil bekas maupun baru, kamu dapat mengajukan KKB Mobil Bekas dan Baru. Untuk memperoleh pinjaman ini, kamu harus membayar DP mobil sesuai ketentuan BI dan melengkapi dokumen yang menjadi syarat pengajuan kredit.

Syarat tersebut tak jauh beda dari syarat kredit pada produk pinjaman lain dari BRI. Jangka waktu maksimal dari kredit ini adalah 6 tahun untuk mobil baru dan 4 tahun untuk mobil bekas.

8. Pinjaman KUR Bank BRI

Kredit Usaha Rakyat atau disingkat KUR, adalah produk pinjaman BRI yang populer di antara para pelaku UMKM. Pinjaman ini terbuka bagi kamu yang memiliki UMKM yang telah berjalan selama minimal 6 bulan.

Melalui KUR, kamu dapat memperoleh pinjaman sebesar 25 juta rupiah hingga 500 juta rupiah. Bunga KUR hanya 9% per tahun, sehingga tidak memberatkan pelaku UMKM. Salah satu syarat penting yang harus dipenuhi untuk memperoleh KUR adalah melampirkan surat izin usaha.

9. Pinjaman Online Bank BRI Ceria

Jika tidak sempat datang langsung ke kacab BRI untuk mengajukan kredit, kamu dapat meminjam uang melalui BRI Ceria yang bisa didownload melalui Playstore.

Produk pinjaman ini memungkinkan dirimu untuk memperoleh dana segar, mulai dari 500 ribu rupiah hingga 20 juta rupiah dengan tenor maksimal 12 bulan.