pinjaman bank mandiri syariah

Pinjaman Bank Mandiri Syariah

Banyak masyarakat ingin terbebas dari riba, namun kondisi keuangan tidak memungkinkan mereka untuk hidup tanpa pinjaman. Cara mengatasi dilema ini adalah dengan mengajukan pinjaman Bank Mandiri Syariah. Pinjaman tersebut akan membantumu memperoleh dana untuk memenuhi kebutuhanmu.

Meski orang menyebutnya sebagai pinjaman, namun akad atau sistem pembiayaan tersebut adalah jual beli (murabahah) atau sewa-menyewa (ijarah). Dengan demikian, kamu tetap terhindar dari riba walaupun memperoleh dana pinjaman dari bank tersebut.

Meskipun akan bergabung menjadi Bank Syariah Indonesia, Navistha akan membahas berbagai produk pinjaman di BSM. Pinjaman Bank Mandiri Syariah atau Bank Syariah Mandiri ini bisa menjadi pertimbangan.pinjaman bank mandiri syariah

Pinjaman Bank Mandiri Syariah

Bank syariah berplat merah ini memiliki macam-macam pinjaman yang bersahabat bagi nasabah. Berikut ini beberapa pinjaman dari Bank Syariah Mandiri yang bisa kamu pilih:

1. Pembiayaan Griya Berkah

Khusus bagi nasabah yang membutuhkan dana untuk membeli rumah baru atau bekas, bank ini menawarkan BSM Griya. Prinsip pinjaman tersebut adalah bank membeli rumah yang diinginkan oleh nasabah, lalu menjualnya kepada nasabah tersebut dengan harga yang berbeda.

Dengan demikian, akad Griya Berkah adalah jual beli. Plafon pinjaman ini dapat mencapai 5 M rupiah. Nasabah harus menyiapkan beberapa persyaratan untuk memperoleh pinjaman ini, misalnya DP rumah yang besarnya sesuai ketentuan BI dan dokumen ( FC KTP, NPWP, KK, slip gaji, dan sebagainya).

Suku bunga pinjaman Bank Syariah Mandiri ini sifatnya ringan dan tetap dan khusus untuk PNS ada tawaran suku bunga khusus. Melalui pembiayaan Griya Berkah tersebut, kamu juga bisa menggadaikan SHM/SHGB yang kamu miliki untuk memperoleh dana pinjaman.

2. BSM Implan

Jika kamu tidak memiliki SHM/SHGB untuk dijadikan agunan pinjaman di bank ini, kamu bisa mengajukan KTA Mandiri Syariah. Kredit tanpa agunan tersebut bernama BSM Implan. Cara mengajukan pinjaman ini harus dilakukan oleh karyawan suatu perusahaan secara kelompok (minimal 10 orang).

Tujuan ditawarkannya produk ini adalah untuk mengakomodir perusahaan yang tidak memiliki koperasi pegawai. Setiap nasabah dari kelompok tersebut dapat memperoleh dana pinjaman Bank Mandiri Syariah antara 5 hingga 50 juta rupiah atau 100 juta rupiah untuk PNS.

3. Pembiayaan Oto Berkah

Bank Mandiri Syariah menawarkan Pembiayaan Oto Berkah bagi nasabah yang ingin membeli mobil baru. Produk pinjaman tersebut menawarkan banyak keunggulan. Salah satunya adalah keleluasaan memilih mobil dan dealer karena bank ini bekerja sama dengan lebih dari 3.000 dealer.

Selain itu, kredit Bank Syariah Mandiri ini menawarkan tenor panjang hingga 7 tahun jika memenuhi syarat dan angsurannya tetap. Seperti syarat pinjaman lainnya di BSM, calon nasabah harus berusia antara 21 – 55 tahun, memiliki gaji tetap, dan memiliki asuransi jiwa serta asuransi kerugian.

4. Pinjaman Pembiayaan Usaha Mikro Mandiri Syariah

Selain memperoleh pinjaman untuk kebutuhan konsumtif, nasabah juga bisa memperoleh pinjaman modal usaha Bank Mandiri Syariah. Salah satunya adalah Pembiayaan Usaha Mikro yang dikhususkan bagi pedagang dan pengusaha yang memiliki usaha produktif dan telah berjalan minimal 2 tahun.

Besarnya pinjaman modal usaha ini dapat mencapai 200 juta rupiah dengan tenor 48 bulan untuk modal usaha atau 60 bulan untuk investasi. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah usia antara 21-65 tahun, mengisi form pengajuan, dan melampirkan dokumen legalitas usaha serta identitas.

5. Pembiayaan Pensiun Berkah

Bagi para pensiunan yang membutuhkan dana untuk membayar biaya pendidikan atau membeli barang modal, bank syariah ini menawarkan Pembiayaan Pensiun Berkah. Plafon tertinggi dari pinjaman ini adalah 300 juta rupiah dan jangka waktu kreditnya sampai 15 tahun.

Beberapa syarat kredit Bank Syariah Mandiri tersebut adalah usia nasabah tak lebih dari 75 tahun saat pelunasan, memiliki pensiun yang dibayarkan melalui BSM, melampirkan fotokopi identitas diri, SHM/SHGB, dan asli SK pensiun.

6. Pinjaman Bank Mandiri Syariah Jaminan Gadai Emas

Bank Mandiri juga menawarkan pinjaman dengan agunan perhiasan emas atau emas batangan. Berbagai keunggulan dapat kamu dapatkan pada produk gadai emas tersebut, contohnya harga taksiran tinggi, agunan terjamin keamanannya, biaya ringan, dan tersedia layanan perpanjangan otomatis.

Minimal nilai pinjaman yang bisa kamu peroleh dari Gadai Emas adalah 500 ribu rupiah. Persyaratan gadai emas ini sangat mudah, yaitu fotokopi kartu identitas dan emas yang akan digadaikan.

7. Pembiayaan Serbaguna Mikro

Produk lain yang memungkinkan para nasabah untuk memperoleh pinjaman modal usaha Bank Mandiri Syariah adalah Pembiayaan Serbaguna Mikro. Tidak hanya pelaku usaha saja yang dapat mengajukan pinjaman ini, namun individu yang memiliki pendapatan tetap juga dapat melakukannya.

Tujuan diberikannya pinjaman ini adalah untuk modal kerja atau investasi. Nilai plafonnya dapat mencapai 200 juta rupiah dan tenornya adalah 5 tahun untuk tujuan investasi dan 4 tahun untuk tujuan modal kerja. Suku bunga pinjaman Bank Mandiri Syariah ini ringan dan angsurannya juga tetap.

8. Pembiayaan Umroh

Jika kamu ingin melaksanakan umroh, kamu dapat menggunakan fasilitas pembiayaan umroh berbasis tabungan yang ditawarkan oleh BSM. Dari pinjaman ini, kamu akan memperoleh dana pinjaman hingga 50 juta rupiah, namun syaratnya adalah kamu harus memiliki tabungan di bank tersebut.

Besarnya nilai tabungan minimal adalah 20% dari nilai pinjaman. Selain itu, tabungan ini akan dibekukan atau dijadikan jaminan selama tenor berlaku. Tenor maksimal dari pinjaman tersebut adalah 3 tahun.